Sukses

Testis Tidak Sama Tinggi

08 Dec 2015, 14:30 WIB
Pria, 17 tahun.

Dokter, saya seorang pelajar sma di jakarta, saya merasa ada sedikit keanehan pada testis saya, testis kanan agak sedikit lebih turun di bandingkan dengan testis kiri(posisi testis kiri sedikit lebih tinggi dibanding testis kanan), kemudian pada bagian atas testis kiri sperti ada sedikit benjolan yg menempel(tidak terpisah,menyatu dgn testis,tetapi berupa benjolan tambahan, dan tidak terdapat pada testis kanan),jadi seakan2 saya mempunyai tiga buah testis, yang dua kiri dan kanan sama besar dan satu yg menempel pada bagian atas testis kiri agak kecil(kira2 hanya 1/5 atau 1/8 ukuran testis saya), akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit, jika di raba teksturnya sama dengan testis(tidak lunak dan tidak terlalu keras).untuk dokter ketahui saya tidak bermasalah dlm ereksi.. MR P saya mampu ereksi dan ejakulasi sepeti pria lainnya tanpa menimbulkan rasa sakit. namun bbrapa kali saya pernah merasa nyeri pada kedua testis dan otot d antara pusar hingga penis dan kantong testis, ketika itu saya berciuman degn pacar saya(hanya berciuman dan meraba2, tdk melakukan hubungan suami istri)sehingga MR P saya ereksi dan seperti akan ejakulasi, namun saya tahan agar tidak ejakulasi(krna saya fikir smakin lama ejakulasi akan semakin nikmat) dengan cara berhenti berciuman beberapa saat, ketika ereksi menurun saya berciuman lagi, terus bgtu hingga bbrapa kali sehingga ejakulasi saya tertahan bbrapa kali(tidak jadi keluar), bru pada kali ke sekiannya saya biarkan ejakulasi, namun hal ini lah yg menyebabkan nyeri tersebut, akan tetapi nyeri tidak berlangsung lama. paling tidak kira2 30mnt ssetelah ejakulasi, dan setelah itu kembali normal lagi. akan ttpi jika saya berciuman dan meraba2 pacar saya hingga sya ereksi dan serasa akan ejakulasi dan saya ttp lanjutkan bercumbunya (tnpa berhenti utk menhan ejakulasi) hingga saya benar2 ejakulasi dgn lancar dan tnpa nyeri. yang ingin saya tanyakan: apakah keanehan pada testis saya itu sebuah prnyakit atau normal dok?? Apakah yang saya alami ini termasuk penyakit epididimitis dok?. mohon penjelasannya dok.. dan mohon maaf jika penjelasan saya terlalu panjang dan sedikit berbelit2.. semoga dokter paham inti dari penjelasan saya.. termakasih dokter. Untuk kerahasian .. tolong nama saya di samarkan dok..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Apakah ukuran testis kiri lebih besar dari yang kanan, hilang timbul, atau sama saja sejak pertama Anda melihat perbedaannya?  Apakah ukuran bertambah saat Anda batuk atau mengedan? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri buang air kecil, testis berwarna kemerahan, demam, gangguan buang air kecil, gangguan buang air besar?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun,variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Ukuran testis/skrotum yang membesar juga bisa disebabkan oleh hernia skortalis atau varikokel.

Memang keluhan nyeri dan benjolan yang Anda rasakan memang tidak wajar. Bila keluhan yang anda rasakan dirasa sangat menghawatirkan ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi.

Berikut kami lampirkan artikel:

5 Tanda Kelainan Penis

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

5 Fakta tentang Penis

Hernia Skrotalis

Varikokel

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar