Sukses

Sesak Nafas dan Nafas Tidak Tuntas pada Karier Tifoid?

10 Dec 2015, 13:42 WIB
Pria, 29 tahun.

2 minggu yg lalu sy dirawat selama 3hr krna typus (sy carrier) kdarny 1/320 gram negative. stlah 2 minggu kok blm berkurang juga? pdhal kn sdh drawat n minum obat. 2hr ini jg dada terasa sesak, brnafas spt tidak tuntas. itu knapa ya dok? trims

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, apakah Anda memperoleh diagnosis karier S. typhi tersebut dari dokter? Untuk menetapkan seseorang merupakan karier S typhi bukanlah hal yang sederhana. Seseorang dikatakan mengalami karier S. typhi maupun jenis Salmonella lainnya bila ditemukan adanya bakteri dari urin maupun tinja, setelah 1 tahun pasca demam tifoid. Untuk menemukan kumannya harus lewat pemeriksaan biakan. Dengan kata lain, dengan sedikit tinja atau urin, dapat ditumbuhkan bakteri S. typhi pada medium kultur yang sesuai. Selain ditemukan kuman S. typhi, tanda penting lain adalah seorang karier tidak memiliki gejala infeksi tifoid, karier S. typhi sehat sempurna tidak terdapat keluhan demam tifoid seperti demam, nyeri perut, diare, konstipasi, mual muntah, dll. Bila terdapat gejala demam tifoid dan sebelumnya tidak pernah dilakukan biakan tinja/ urin, maka seseorang tidak dapat dikatakan karier kuman S. typhoid. 

Pemeriksaan widal biasa tidak dapat menentukan apakah seseorang merupakan karier S. typhi. Salah satu pemeriksaan darah yang cukup diterima untuk menegakkan diagnosis karier S. typhi adalah pemeriksaan darah (serologi) untuk memeriksa 'Aglutininin Vi'. Pemeriksaan widal biasa umumnya hanya aglutinin O dan H.

Signifikansi dari mendiagnosis seseorang dengan karier kuman penyebab tifoid adalah sang pembawa dapat menyebarkan kuman tifoid lewat tinjanya, yang bila karena suatu hal komponennya dapat tidak sengaja terkonsumsi orang lain dan dapat menyebabkan infeksi tifoid pada orang lain.

Adapun bila benar-benar seorang karier S. typhi, maka pengobatan antibiotik yang diberikan bukan 1 minggu atau 2 minggu seperti demam tifoid kebanyakan. Seorang karier S. typhi harus diobati dengan antibiotik selama 1 bulan hingga 3 bulan, tergantung dengan kondisi lain yang menyertai. Dokter akan menentukan jenis pengobatan mana yang paling tepat, setelah mencocokkan dengan penyakit penyerta lain (biasanya: ada atau tidaknya kolelitiasis/ batu empedu, serta ada atau tidaknya infeksi parasit Schistosoma haematobium di traktus urinarius).

Kami sarankan agar Anda kembali memeriksakan diri ke dokter sebagai tindak lanjut dari perawatan yang telah dilakukan, karena riwayat pengobatan sebelumnya diperlukan untuk menentukan tindakan selanjutnya yang akan diambil. Selain itu, masih mungkin juga penyebab sesak nafas dan bernafas tidak tuntas yang Anda rasakan bukanlah disebabkan oleh penyakit tifoid (terdapat penyakit lain), misalnya bisa saja terdapat penyakit pernafasan, infeksi, kardiovaskular, masalah otot pernafasan, dll.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar