Sukses

Rabies

08 Dec 2015, 15:03 WIB
Pria, 36 tahun.

Mt mlm dok, tgl 25-11-15 jm 06.00 wita sy di gigit anjing tetangga di bagian jari dan telapak tangan kiri, anjing tsb sudah di periksa di lab dinas peternakan dan positif rabies. kemudian jam 11.00 wita lebih kurang 5 jam setelah di gigit. Sy di suntik vaksin rabies di bagian bahu kiri dan kanan. Kemudian tgl 02-12-15 di suntik vaksin di bahu 1 kali, dok tgl 30-11-15 saya mengalami demam, sakit kepala, keringat dingin, badan pegal, dada berdebar debar dan mata terasa panas sampai saat skrng ini, tgl 03-12-15 sy ke dokter umum konsultasi dan di beri obat metamol, molasic,dexicorta dan oxytetracycline. Tgl 14-12-15 akan di beri vaksin rabies katanya yang terakhir. dok pertanyaan apakah sy sdh terinfeksi rabies dan bagaimana cara mengatasinya? Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Virus rabies terdapat di kandungan air liur hewan yang terinfeksi. Hewan yang terinfeksi berpotensi menularkan kepada hewan lainnya atau bahkan ke manusia.

Proses penularan dapat melalui gigitan dan jilatan. Jika virus rabies masuk ke tubuh yang terinfeksi, virus akan masuk melalui saraf-saraf yang menuju ke medulla spinalis dan otak, ditempat inilah mereka berkembangbiak.

Pada kemudian virus akan berpindah lagi melalui saraf ke kalenjar liur dan masuk ke dalam air liur.

Diantara banyak hewan yang dapat menularkan rabies kepada manusia, yang paling sering menjadi penular rabies adalah anjing; hewan lainnya yang juga bisa menjadi sumber penularan rabies adalah kucing, rakun, sigung, kelelawar, rubah dan juga kera.

Pada hewan yang terkena rabies, implikasinya dapat mengalami rabies buas maupun rabies jinak. Pada rabies buas, hewan terlihat gelisah dan ganas, lambat laun menjadi lumpuh kemudian mati. Pada rabies jinak, sejak awal telah terjadi kelumpuhan lokal ataupun kelumpuhan total.

Rabies dapat juga ditularkan melalui penghirupan udara yang tercemar. Sekalipun kasus melalui penghirupan udara yang tercemar sangatlah jarang terjadi. Karena pernah dilaporkan, terjadi kasus infeksi rabies pada 2 penjelajah yang sedang berada di gua penuh kelelawar.

Masa inkubasi virus rabies bervariasi dari 10 hari sampai lebih dari 1 tahun. Namun masa inkubasi biasanya paling pendek pada orang yang digigit pada kepala atau tempat yang tertutup celana pendek serta terdapat gigitan di banyak tempat.

Penyakit ini biasanya dimulai dengan periode yang pendek dari depresi mental, keresahan dan demam. Keresahan meningkat menjadi kegembiraan yang tak terkendali (euphoria) dan acapkali penderita mengeluarkan air liur berlebihan.

Juga terdapat gejala kejang-kejang. Kejang ini terjadi akibat adanya gangguan daerah otak yang mengatur proses menelan dan pernafasan. Seringkali penderita rabies disebut juga hydrophobia (takut air) karena sakit yang luar biasa dikala berusaha menelan air.

Pemberian vaksinasi anti rabies dengan vaksin purified vero rabies pada kasus gigitan hewan tersangka rabies akan akan sangat memberikan perlindungan dari penyakit rabies yang bersifat fatal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar