Sukses

Berapa Lama Memar Hilang?

04 Dec 2015, 12:22 WIB
Pria, 28 tahun.

Anak saya usia 1 thn mengalami benturan kepala dibagian samping diatas telinga, efek dari benturan terjadi benjolan dan memar. Secara keseluruhan tidak ada perubahan prilaku pd anak saya dan kesadarannya msh normal. saya hanya mengoleskan minyak gosok cap tawon pd bagian kepala tersebut, setelah beberapa jam benjolan mulai kempes kembali normal namun memar tetap ada. saya khawatir dampak benturan terhadap kondisi kesehatan anak saya. bagaimana tanggapan dokter tentang kondisi anak saya menurut keterangan yg saya jelaskan ? jika perlu, apa tindakan medis yg hrs saya lakukan ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Memar terjadi karena pembuluh darah kecil pecah sehingga sel-sel darah masuk ke jaringan di bawah kulit sehingga menyebabkan warna kebiruan. Kulit kebiruan karena memar akan berubah warna menjadi hijau-kekuningan jika akan menyembuh. Proses penyembuhan sangat bergantung pada luasnya memar. Jika tidak terlalu luas maka biasanya sekitar 1-2 hari sudah menyembuh dan kembali ke warna kulit normal. Namun jika agak besar maka biasanya membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk memastikan tidak ada keterlihatan tulang maupun jaringan di bawah area yang memar memang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti CT Scan atau MRI. Akantetapi sebaiknya Anda memeriksakan kondisi anak Anda terlebih dahulu ke dokter umum atau dokter spesialis anak agar dapat dilakukan evaluasi secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar