Sukses

Penyebab Kencing Batu

04 Dec 2015, 11:45 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat malam dok, orang tua saya baru saja divonis mengidap penyakit batu ginjal. Saya ingin tahu apa penyebab penyakit batu ginjal? Dan apakah penyakit batu ginjal tersebut dapat menurun? Terima kasih dok

 

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kehawatiran Amda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang proses berkemih. Berkemih merupakan proses yang kompleks. Kandung kemih dewasa umumnya dapat menampung air kemih hingga 500-620 cc. Perasaan ingin berkemih timbul saat air kemih mencapai 300-400 cc (sekitar 75% kapasitas total). Saat perhatian anda teralih, keinginan berkemih tersebut dapat berangsur hilang dan akan timbul kembali seiring penambahan air kemih, begitupun yang terjadi saat tidur dimana perhatian anda berada pada alam bawah sadar anda.

Namun perlu diperhatikan bahwa berkemih merupakan salah satu upaya tubuh untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh. Menahan air kemih sama saja dengan menahan zat-zat sisa metabolisme tersebut. Sisa air kemih pada kandung kemih juga merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman sehingga dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Keluhan yang umum dirasakan adalah nyeri dan terasa panas saat  buang air kecil (BAK), gangguan BAK lain (tidak lampias, terputus-putus, dsb) hingga nyeri perut bawah. Dan bila tidak ditangani secara optimal, infeksi saluran kemih dapat berkembang menjadi batu.

Terlebih jika Anda sempat mengeluh adanya nyeri pinggang, nyeri kencing dan berdarah, perlu dicurigai adanya infeksi atau sumbatan di sepanjang saluran kencing. Batu pada saluran kencing bisa terjadi pada sepanjang saluran kencing yaitu mulai dari organ ginjal sampai saluran kencing paling bawah.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Sekitar 90 % dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, kebanyakan batu berukuran lebih dari 6 mm memerlukan intervensi. Pada beberapa kasus, batu yang berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala, dapat diobservasi selama 30 hari untuk melihat apakah dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Tindakan bedah yang cepat, perlu dilakukan pada pasien yang hanya mempunyai satu ginjal, nyeri yang sangat hebat, atau adanya ginjal yang terinfeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Jenis batu ginjal yang paling sering (lebih dari 80 %) adalah yang terbentuk dari kristal kalsium oksalat. Pendapat konvensional mengatakan bahwa konsumsi kalsium dalam jumlah besar dapat memicu terjadinya batu ginjal. Namun, bukti-bukti terbaru malah menyatakan bahwa konsunsi kalsium dalam jumlah sedikitlah yang memicu terjadinya batu ginjal ini. Hal ini disebabkan karena dengan sedikitnya kalsium yang dikonsumsi, maka oksalat yang diserap tubuh semakin banyak. Oksalat ini kemudian melalui ginjal dan dibuang ke urin. Dalam urin, oksalat merupakan zat yang mudah membentuk endapan kalsium oksalat. Jenis batu yang lain adalah yang terbentuk dari struvit (magnesium, ammonium, dan fosfat), asam urat, kalsium fosfat, dan sistin.

  • Batu struvit dihubungkan dengan adanya bakteri pemecah urea seperti Proteus mirabilis, spesies Klebsiela, Seratia, dan Providensia. Bakteri ini memecah urea menjadi ammonia yang pada akhirnya menurunkan keasaman urin.
  • Batu asam urat sering terjadi pada penderita gout, leukemia, dan gangguan metabolism asam-basa.  Semua penyakit ini menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.
  • Batu kalsium fosfat sering berhubungan dengan hiperparatiroidisme dan renal tubular acidosis.
  • Batu sistin berhubungan dengan orang yang menderita sistinuria.

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada diri Anda.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda.

Terimakasih,

    0 Komentar

    Belum ada komentar