Sukses

Seputar Kehamilan

01 Dec 2015, 14:13 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang Dok, saya ada beberapa pertanyaan : 1. di usia kandungan berapa bulan kita boleh melakukan perjalanan jauh seperti liburan 2. di usia kandungan berapa bulan kita bisa menggunakan sepeda motor sendiri 3. di usia kandungan berapa bulan kita bisa mersakan pergerakan bayinya saya tunggu jawabannya Dok, Terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun sebenarnya berpergian selama kehamilan cukup aman dilakukan, namun perlu diwaspadai pada waktu menjelang persalinan yaitu pada trimester ke tiga.

Saat hamil Anda perlu menjaga kehamilan terutama jika berpergian dengan mengendarai motor, terutama pada trimester pertama. Trimester pertama adalah saat rawan dimana perkembangan organ janin sedang berlangsung. Selain itu, janin belum sepenuhnya menempel kuat pada dinding rahim, sehingga adanya guncangan saat melakukan perjalanan dapat menyebabkan keguguran.

Anda bisa tetap mengendarai motor saat hamil namun harus diperhatikan kondisi Anda dalam keadaan yang baik dan sebaiknya menghindari mengendarai motor dengan perjalanan jauh agar tidak terjadi trauma sekecil apapun karena ditakutkan akan membahayakan janin.

Untuk menjaga kehamilan usahakan Anda jangan terlalu mengalami kelelahan baik fisik maupun lelah mental.

Pergerakan dari janin yang dirasakan oleh Ibu hamil memang merupakan sensasi luar biasa dari kehamilan. Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20, waktunya berbeda di antara wanita.

Apakah ini kehamilan pertama Anda?  Apabila ini adalah kehamilan pertama maka memang beberapa Anda baru mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai "gelembung gas" atau "denyut". Bila Anda sudah pernah hamil sebelumnya maka Anda akan tahu bahwa perasaan ini merupakan pergerakan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar