Sukses

Bolehkah Mengendarai Motor Saat Hamil?

02 Dec 2015, 13:41 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang Dok. saya seorang ibu hamil. usia kandungan saya sudah 19 minggu, yang mau saya tanyakan "perut saya sering mules, kadang sakit, apa karena saya sering makan pedes dan bawa motor? apakah berbahaya kalau saya selalu membawa motor dok? terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Memang di awal kehamilan Anda perlu menjaga kehamilan terutama jika berpergian dengan mengendarai motor, hal ini mengingat risiko kelahiran prematur, trombosis vena dalam pada kaki, dan sebagainya. Trimester pertama adalah saat rawan dimana perkembangan organ janin sedang berlangsung. Selain itu, janin belum sepenuhnya menempel kuat pada dinding rahim, sehingga adanya guncangan saat melakukan perjalanan dapat menyebabkan keguguran. Anda bisa tetap mengendarai motor namun harus diperhatikan kondisi Anda dalam keadaan yang baik dan sebaiknya menghindari mengendarai motor dengan perjalanan jauh agar tidak terjadi trauma sekecil apapun karena ditakutkan akan membahayakan janin. Untuk menjaga kehamilan usahakan Anda jangan terlalu mengalami kelelahan baik fisik maupun lelah mental.

Sebagai pengetahuan tambahan untuk Anda, berikut nutrisi penting saat hamil yang bisa Anda penuhi:

Zinc
Dianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengkonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc. Namun jangan asal makan kerang sembarangan, konsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Karena beberapa kondisi, kerang juga pemicu meningkatnya kolesterol jahat (LDL).

Asam Folat
Asam folat berguna untuk mencegah cacat otak dan menekan risiko munculnya cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf adalah salah satu cacat lahir yang paling banyak menyebabkan kematian bayi dan kecacatan serius. Pastikan Ibu senantiasa memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, dan buncis. Apabila asupan asam folat tidak dapat dipenuhi dari diet makanan, umumnya dokter akan memberikan tambahan suplemen asam folat di masa kehamilan.

Kalsium
Konsumsi kalsium penting untuk ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kalsium akan banyak Ibu dapatkan melalui susu, ikan, keju, produk susu lainnya, sayuran hijau, dan masih banyak lagi. Apabila kebutuhan kalsium Apabila memang masih belum dapat mencukupi kebutuhan perhari, barulah akan diberikan suplemen kalsium. Akan sangat baik apabila kebutuhan zat gizi ibu dapatkan melalui makanan alami.

Zat Besi
Pada masa kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang. Sehingga mengganggu asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Anemia yang cukup parah dapat menyebabkan janin yang kecil dan juga lahir sebelum waktunya, untuk itu anemia Ibu memang perlu segera ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar