Sukses

Nyeri di Kemaluan dan Batu Ginjal

30 Nov 2015, 10:56 WIB
Pria, 31 tahun.

halo dok, belakangan ini ketika buang air kecil saya merasakan sakit yg sangat di kemaluan saya, apakah ini termasuk ciri ciri penyakit batu ginjal? Terima kasih dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan nyeri pada daerah penis bisa disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya: infeksi (bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, parasit) atau juga karena adanya sumbatan. 

Batu Ginjal /Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). Berikut akan lebih dibicarakan tentang batu ginjal.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.dan bisa saja terdapat lebih dari satu.

Pengobatan yang tidak tepat dan tidak segera terhadap kasus batu ginjal hanya akan menghambat pengeluaran batu tersebut dari dalam dalam tubuh paman Anda dan menimbulkan sumbatan lebih lanjut terhadap aliran urin di saluran kemih. Lebih lanjut, batu tersebut dapat terinfeksi dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bahkan hingga penurunan fungsi ginjal.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter guna mendapatkan tata laksana yang tepat. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar