Sukses

Nyeri Pinggang Kiri

16 Dec 2015, 17:23 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya . Pinggang saya terkadang suka nyeri di bagian pinggang bawah kiri . Dan terkadang nyerinya itu sampai membuat saya tidak bisa bergerAk . Saat duduk misalnya ketika kambuh sampai sama sekali tidak bisa bangun dari duduk .. Dan ketika nyerinya datang terkadang juga saya pakai jalan ngilu sampai ke paha bagian belakang . Dan juga terkadang nyerinya sampai membuat ulu hati saya sakit juga dok ,, Tetapi nyerinya itu hanya kadang-kadang saja kambuhnya . Apa saya harus periksakan ke rs ya ? Penyebabnya apa ya dok ? Terimakasi dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan nyeri pinggang kiri dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu kelainan otot, persarafan, ginjal. Kami membutuhkan beberapa informasi sebelum menegakkan diagnosis. Sejak kapan keluhan dirasakan? apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan BAK - buang air kecil (ada pasir, darah, sulit BAK, nyeri BAK, dll)?  apakah durasi nyeri lama? bagaimana sifat nyeri (seperti ditusuk; sangat nyeri; berdenyut; dll); apakah nyeri menjalar ke bagian tubuh lain? Apakah ada gejala lain seperti nyeri pada kaki, kesemutan, kelemahan di salah satu kaki?

Nyeri pinggang kiri paling sering disebabkan oleh batu ginjal atau terjepitnya syaraf di punggung (HNP). HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik. Untuk memastikan ada batu ginjal/tidak perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan air kemih (urinalisis), USG, atau BNO-IVP.

Diperlukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk melakukan diagnosis yang akurat. Maka jika keluhan Anda memang sangat mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga Anda dan dokter dapat mengetahui penyebab keluhan Anda dan mendiskusikan penanganan yang paling tepat untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar