Sukses

Gastritis

29 Nov 2015, 22:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter saya mau tanya..kenapa setiao abiz makan perut saya terasa penuh di ulu hati.. dan ingin muntah. Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyakit maag/dispesia merupakan penyakit pada saluran cerna yang sering terjadi di masyarakat. Pada kasus Anda, apakah Anda telah mengubah pola makan (makan lebih sering dalam porsi kecil dan teratur, menghindari makanan pedas, asam, alkohol, kopi, soda, dan makanan yang dapat merangsang pengeluaran gas seperti kol, menghindari obat-obatan yang menimbulkan luka pada lambung seperti aspirin) dan meminum obat secara teratur? Selain itu, stres psikis juga harus dihindari karena dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

Penyakit maag merupakan penyakit yang dapat disembuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, pola hidup dan menggunakan obat-obatan yang tepat dan teratur. Helicobacter pylori merupakan kuman yang ditemukan pada lambung dan merupakan salah satu penyebab utama tukak lambung/usus duodenum. Apabila ditemukan kuman tersebut pada saluran cerna seseorang dengan sakit maag, maka akan dilakukan terapi untuk mengeradikasi kuman tersebut. Terapi yang umumnya diberikan adalah terapi kombinasi dengan 3 atau 4 macam obat sekaligus dan diminum selama 4-8 minggu.

Konsumsi obat sakit maag asalkan sesuai dengan indikasi, dosis dan cara pemakaian yang tepat serta dalam pengawasan dokter umumnya jarang menimbulkan efek samping. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter/dokter spesialis penyakit dalam khususnya konsultan gastroenterologi (saluran cerna) untuk mendapatkan tatalaksana yang optimal. Diharapkan dengan melakukan hal tersebut sakit maag yang Anda alami dapat diobati dan Anda dapat menjalani aktivitas tanpa gangguan lagi.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar