Sukses

Tanda Kehamilan
30 Nov 2015, 15:14 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok istri sya sudh tlat haid 3bln.d test pack postf D usg d vonis da janin tp tdknberkmbang Itu d priksa 3 minggu lalu.nympe skrg blm haid.pa istri sy hamil?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin  (test pack) dan tes darah.

1. Test Pack

Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter.

Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur.

Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut

  • mengalirkan urin pada stik test pack, atau
  • menampung urin di wadah dan mencelupkan stik test pack, atau
  • menampung urin di wadah dan meneteskan urin pada stik test pack dengan menggunakan pipet tetes.

Hasil dapat diperoleh dalam beberapa menit. Pastikan garis kontrol muncul, dan interpretasikan hasil yang didapat sesuai dengan petunjuk pada bungkus test pack. Biasanya hasil positif ditandai dengan muncul 2 garis sejajar.

2. Tes Darah

Tes darah harus dilakukan pada laboratorium, dan lebih jarang dilakukan dibandingkan dengan test pack. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi tanda tanda kehamilan lebih awal, yaitu sekitar seminggu setelah terjadi ovulasi. Tes ini lebih akurat namun memberikan hasil yang lebih lama.

Hasil positif dapat berarti benar hamil, atau dapat juga positif palsu (false positive), yang disebabkan karena:

  • Terdapat darah atau protein dalam urin.
  • Penggunaan obat-obat tertentu seperti obat penenang dan antikejang juga dapat menyebabkan positif palsu.

 Jika dalam usg sudah bisa di deteksi adanya janin berarti memang telah terjadi kehamilan pada istri Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

0 Komentar

Belum ada komentar