Sukses

Flek Saat Haid

26 Nov 2015, 15:50 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya memiliki problem untuk siklus haid saya. Untuk siklus saya di bulan September lalu haid saya berjalan lancar namun pada bulan oktober tanggal 10 dan November tanggal 10, haid saya hanya berupa flek coklat dan flek kemerahan saja tetapi berhenti setelah 7 hari sesuai jadwal siklus saya. Namun, pada tanggal 23 November pun saya mendapat flek kemerahan pada cairan miss v saya. Sebelum akhir siklus haid saya di bulan september dan oktober, saya sempat melakukan seks dengan pasangan saya. apakah hal ini berpengaruh pada siklus haid saya? ataukah ada masalah/penyakit dalam rahim saya? kalau saya memeriksakan diri, hal apa saja yang harus saya lakukan? USG saja atau butuk cek hormon juga? sebagai info, terkadang saya juga mengalami flek sebelum dan sesudah haid. Namun kali ini sampai 2 bulan haid hanya berupa flek.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan besar keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Untuk mengetahui diagnosa keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar