Sukses

Gizi Yang Seimbang

30 Nov 2015, 14:13 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok.. saya berniat untuk mengurangi konsumsi nasi.. saya juga ingin rutin konsumsi ubi jalar dan tomat.. aturan yang baik gimana dok.. agar saya tetap sehat dan tidak kurus karna tidak konsumsi nasi.. dan juga konsumsi ubi jalar dan tomat tiap hari apakah boleh, jika ada takaran yg baik.. berapa takaranya dok?? terimakasih banyak sebelumnya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Mengonsumsi pola makan yang seimbang merupakan sudah anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Dimana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu.

Pengertian ‘makanan seimbang’ pada pembahasan ini ialah penjabaran makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Penting untuk diketahui, kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian, dan lainnya.

Makanan seimbang yang dimaksud haruslah memiliki kandungan zat gizi yang meliputi:

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Vitamin & Mineral
  4. Lemak
  5. Serat

Sesungguhnya, entah darimana kita mengadopsi pola makan 3 kali sehari. Primordialisme tersebut telah ditanamkan secara turun temurun dari orangtua kita. Sebenarnya yang terpenting adalah pola makannya, asal kebutuhan nutrisi gizi tubuh tercukupi, pola makan yang berlebihan yang kebanyak terpicu oleh hawa nafsu semata dan bukan didasari oleh sadarnya kebutuhan gizi tubuh semata. Tidak perlu berlebihan, pola makan yang berlebihan hanyalah mengakibatkan timbulnya potensi penyakit degeneratif, seperti halnya stroke, jantung koroner, diabetes, dan lainnya.

Karena penting untuk menghindari kevakuman kebutuhan gizi, pola makan 3 kali sehari pada manusia secara umum setiap hari dianjurkan :

  1. 1 piring nasi atau penukarnya
  2. 1 potong ikan atau penukarnya
  3. 1 potong tempe atau penukarnya
  4. 1 mangkok sayuran
  5. Buah-buahan

Jikalau perut sudah terasa lapar sebelum masuk jam waktu makan, diantara waktu makan dapat ditambah makanan selingan, namun ingat, jangan berlebihan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar