Sukses

Keluar Cairan Dari Luka Bekas Operasi

30 Nov 2015, 14:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat pagi dok... mw tanya... ada gk live chat spesialis bedah... saya mau tanya... cara merawat luka yg sudah di lepas benangnya.. tpi masih agak menganga... tidak menyatu ... apakh jahitannya tidah jadi... terus bisa ndak nantinya menyatu...bgaimana merawatnya.. apa masih di perlukan antibiotik... dan apakah cairan bening tanpa bau itu berbahaya...letak luka saya di punggung kaki...habis bedah aterum

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi sekunder, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit sistemik yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 4 minggu.

 Untuk mempercepat penyembuhan beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Jangan terlalu banyak bergerak, perbanyak istirahat 
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Selalu berhati-hati agar bila terjadi infkesi yaitu bila luka bernanah, badan demam, atau perasaan nyeri pada luka. 

Mengenai apakah cairan bening tersebut, kami tidak dapat memastikannya tanpa melihat secara langsung, oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk mendapatkan terapi yang optimal. Luka yang terinfeksi biasanya memiliki ciri awal yang ditunjukan adalah luka tidak kunjung mengering ditandai rasa gatal dan terus keluaran cairan bening dari luka tersebut. Jika luka tidak ditangani semakin lama cairan bening tersebut akan berwarna kuning mengandung nanah dan darah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar