Sukses

Nyeri Pinggul

25 Nov 2015, 16:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat pagi dokter. saya astri. saya mempunyai ayah yg menderita diabetes sudah 6 tahun. usia ayah saya skrng 50 tahun. selama ini ayah saya baik2 saja. tidak ada keluhan yg terlalu menonjol. tetapi sejak 2 tahun terakhir. ayah saya mengeluh nyeri pada daerah pinggul sampai kaki. saya berfikir asam urat. tetapi setelah d cek. asam urat normal. apa yg harus ayah saya lakukan dokter? apakah itu pengaruh diabetes nya? ayah saya selalu meminum obat diabetes ( metformin nama obatnya). bahkan sempat memakai insulin injec selama 4 bulan ( juli- oktober 2015). kadang ayah saya ( seorang perawat) memakai obat anti nyeri ( tramadol) untuk mengurangi nyeri kakinya. adakah cara lain untuk mengurangi nyerinya dokter?

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah terdapat penjalaran nyeri ke kedua tungkai? Bagaimana dengan buang air kecil Anda, apakah terdapat keluhan?

Sakit di daerah pinggul dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggul juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:
  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras

Untuk sementara ayah Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri jika nyeri dirasakan sangat mengganggu. Namun kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter specialis syaraf atau tulang agak dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar