Sukses

Cerebral Palsy

24 Nov 2015, 15:12 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok,anak saya mengalami keterlambatan pertumbuhan,usia 22bln kepala msh belum tegak,blm merangkak,blm duduk,apalagi berjalan,badan nya kaku,tdk sinkron dgn otak,waktu kecil terserang Kuning,dehidrasi,kejang. Dok apa ini gejala trmasuk CP (cerebral palsy) Terus gimana cara penanganan nya,apa bisa di sembuhkan,terus dgn cara bagaimana? Terima kasih,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Cerebral palsy merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan kelainan yang memengaruhi pergerakan tubuh, keseimbangan, dan postur.  Cerebral palsy dapat juga diartikan sebagai kelumpuhan pada otak (brain paralysis). Penyebabnya antara lain adalah perkembangan abnormal atau kerusakan pada satu atau lebih bagian otak yang mengendalikan tonus otot dan aktivitas motorik (pergerakan)-dalam hal ini penyebabnya termasuk kejang yang disebabkan oleh infeksi dalam otak, atau benturan keras pada kepala anak.

Umumnya anak dengan cerebral palsy akan lambat mencapai tahapan perkembangan sesuai usianya seperti merangkak, duduk, berjalan, bahkan untuk gerakan sederhana sekalipun. Juga dapat disertai berbagai masalah lain seperti keterbelakangan mental, masalah pernapasan, masalah kemih dan pencernaan, makan, dsb. Bagaimanapun, banyak di antara anak dengan cerebral palsy memiliki tingkat intelegensia normal atau di atas rata-rata, namun dibatasi oleh kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan ini sebenarnya masih dapat diperbaiki dengan melakukan intervensi yang tepat, termasuk di dalamnya adalahfisioterapi, terapi okupasi, dan terapi berbicara/menelan.

Bagaimanapun, yang dapat menentukanatau menjelaskan kondisi anak Ibu maupun kemungkinan perkembangan saat ini adalah dokter anak yang menanganinya. Kami sarankan sebaiknya Ibu berdiskusi langsung dengan dokter spesialis anak, khususnya divisi neurologi anak untuk untuk lebih jelasnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar