Sukses

Sesak Napas

27 Nov 2015, 10:16 WIB
Pria, 21 tahun.

malam dok, saya sudah mengalami rasa sesak 6 bulan. saya terasa makin sesak saat tidur, sering kebas/kesemutan, dan sering mengalami nyeri di bagian dada. dokter bilang awal mulanya cuma sakit lambung . tapi saya tidak mrasa mual atau muntah.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gangguan saluran pencernaan memang dapat menyebabkan keluhan sesak, perut terasa begah, biasanya merupakan maag yang meluas sehingga asam lambung naik ke kerongkongan atau disebut dengan GERD.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar /panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, mual, muntah, perut kembung. Gejala yang dirasakan tersebut bisa hanya salah satu saja, seperti yang Anda alami.

Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi,alkohol,rokok dll.bagaimana dengan anda?

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi. Bila dengan pengobatan maag keluhan Anda belum juga dpat teratasi, Anda dapat memikirkan kemungkinan lainnya seperti gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi 
  • Infeksi paru (pneumonia atau penyakit paru lain seperti tuberkulosis paru dan lain-lain) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Selain hal-hal tersebut yang telah kami sebutkan, perasaan sesak terkadang dapat dipicu oleh keadaan psikosomatis, yang dipengaruhi oleh stres seperti yang terjadi pada gangguan cemas dan juga serangan panik.

Sayangnya kami mengalami kesulitan untuk memastikan penyebab sesak yang Anda rasakan dikarenakan minimnya data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami guna evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar