Sukses

Keguguran Harus Dikuret?

21 Nov 2015, 21:19 WIB
Pria, 29 tahun.

Salam Mau tanya Dok, apa saja penyebab yang mengharuskan kiret? Apakah itu jalan satu-satunya? Gak ada solusi lain kah? Setahu saya banyak kawan dan tetangga yang kiret, seakan jadi budaya dan tren. Mohon penjelasannya, terima kasih.

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah setiap keguguran harus dikuret?

Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran di mana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Di antara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

Apakah ada obat selain kuret?

Terapi abortus disesuaikan dengan jenisnya. Abortus imminens (ancaman keguguran) juga masih bisa dipertahankan jika kehamilannya berkembang normal dengan cara tirah baring total dan pemberian obat-obat penguat rahim dan untuk menghilangkan kontraksi rahim. Sedangkan abortus inkomplit diperlukan kuretase. Terdapat pula obat yang dapat membantu mengeluarkan sisa jaringan janin. Namun tentunya keputusan apakah menggunakan obat atau kuret tersebut ditentukan oleh dokter ahli kandungan yang memeriksa langsung pasien.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar