Sukses

Minum Suplemen Zat Besi Tidak Mau Minum Susu

24 Nov 2015, 13:07 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, anak saya sekarang 5 bulanan dan diberikan zat besi oleh dokter karena katanya sudah mau 6 bulan. Tapi sejak minum zat besi, anak saya jadi susah minum susu. Biasanya 1 botol 160ml habis dalam sekali minum, sekarang harus bujuk2 dan baru habis dalam 3x minum (dalam 1 jam). Bagaimana ya dok? Mohon bantuannya. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Usia kritis untuk anak mendapatkan tambahan zat besi selain dari ASI adalah 6-9 bulan. Di usia ini, kadar zat besi ASI tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan anak, karena mereka mulai melakukan banyak aktivitas.

The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan pemberian suplementasi besi pada bayi yang mendapat ASI eksklusif mulai usia 4 bulan dengan dosis 1 mg/kg/hari dilanjutkan sampai bayi mendapat makanan tambahan yang mengandung cukup besi

Anak menjadi tidak ingin minum susu bisa saja karena beberapa obat suplemen zat besi kurang diminati oleh anak karena bau dari suplemen tersebut yang membuat anak menjadi kurang nafsu minum susu atau karena penyebab lain, bukan dari asupan suplemen zat besi. Namun hal ini perlu diketahui lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung pada anak.

Coba beri jarak pemberikan suplemen zat besi dengan jam anak minum susu sedikit memanjang sehingga bau dari suplemen tersebut sudah hilang.

Saat memasuki MPASI di usia 6 bulan, Anda dapat mengurangi asupan suplemen zat besi dan menggantikannya dengan asupan dari makanan. Zat besi dapat diperoleh dari sumber hewani maupun nabati. Sumber hewani yang mengandung zat besi di antaranya daging sapi, tuna, dan hati ayam. Zat besi dari sumber nabati termasuk sayuran berdaun hijau gelap (bayam, caisim, atau pakcoy), kacang lentil, dan buah-buahan yang dikeringkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar