Sukses

Sakit Kepala Hingga Mual Dan Muntah

19 Nov 2015, 13:55 WIB
Wanita, 27 tahun.

siang dok. saya sering mengalami sakit kepala sampai harus muntah dan mual. apakah itu bahaya ngk dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari gejala yang anda sebutkan, kemungkinan Anda menderita Vertigo. Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita terasa berputar. Seringkali disertai rasa mual dan muntah. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo. Hipotesis lainnya adalah akibat adanya perubahan tekanan pada bagian telinga dalam, infeksi, maupun BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). BPPV timbul ketika partikel kalsium kecil berkumpul di kanal telinga dalam.

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan memejamkan mata, menjaga agar posisi kepala tidak bergerak hingga gejala hilang, atau dengan mengkonsumsi pil antimabuk yang tersedia di pasaran.

Sementara vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Jika keluhan Anda masih berlanjut atau memberat, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT atau spesialis saraf untuk ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar