Sukses

Faktor yang Mempengaruhi Warna Kulit

18 Jan 2016, 09:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat siang dok, saya mau bertanya apakah air dapat mempengaruhi warna kulit? karena semenjak saya pindah ke luar kota dan menggunakan air PDAM untuk mandi dan kebutuhan sehari-hari kecuali minum dan memasak, saya merasakan ada perubahan warna kulit menjadi gelap dan kusam karena sebelumnya saya menggunakan air dari hasil jet pump yang berasal dari tanah, tapi sekarang saya menggunakan air dari PDAM. Apakah itu berpengaruh pada warna kulit tubuh? Terima kasih.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Warna kulit sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun, genetik memegang peranan paling penting. Warna kulit orang asia berbeda dengan orang kaukasian, orang indonesia berbeda dengan orang jepang atau cina, bahkan dalam satu daerah yang sama pun bisa berbeda. Yang terpenting adalah bukan warna kulit, tapi menjaga agar kulit sehat. Warna kulit terang atau putih justru lebih rentan terkena kanker kulit dibanding mereka yang memiliki kulit putih seperti orang kaukasian.

Tiap jenis dan warna kulit perlu dirawat dengan asupan vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral terbaik adalah dari makanan, bukan dari suplemen. Asupan nutrisi yang baik dapat membuat kulit tampak sehat. Gunakanlah pelembab dan tabir surya setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan kulit. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Wil******van

    selamat siang dok, saya dulu di tempat tinggal asal menggunakn air Ledeng, sekarang saya tinggal di tempat berbeda menggunakan air SUMUR BOR , warna sedikit kuning dan mengendap jika di diamkan dalam sebuah wadah. apa ini menyebabkan kulit kusam dan gelap ?