Sukses

Nystagmus pada Ibu Hamil

20 Nov 2015, 14:21 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi dok. saya tri, saya mau bertanya. apakah seorang ibu hamil yang memiliki penyakit mata nystagmus dapat menular kepada anaknya? terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Nystagmus merupakan pergerakan bola mata yang cepat (horizontal, vertikal, atau torsional). Hal ini dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya. Kondisi nystagmus dapat disebabkan oleh kelainan kongenital (bawaan) atau kelainan yang didapat (acquired). 

Terdapat beberapa penyebab dari Nystagmus non kongenital, antara lain:

  • Cedera kepala
  • Penyakit telinga dalam
  • Stroke
  • Kekurangan Vitamin B12 atau Thiamine
  • Beberapa jenis obat-obatan, seperti Phenytoin (pengobatan anti kejang), konsumsi alkohol berlebih, maupun obat penenang dapat mempengaruhi fungsi organ yang berperan dalam terjadinya Nystagmus. 

Kelainan tersebut tidaklah diturunkan.

Adapun penatalaksanaan untuk kondisi tersebut bergantung pada penyebabnya. Yang perlu diketahui lebih lanjut adalah penyebab munculnya keluhan, kapan keluhan terjadi, apakah keluhan disertai dengan vertigo, apakah terdapat pemicu atau obat yang mempengaruhi keluhan tersebut.

Kelainan pada mata membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter, riwayat kesehatan, disertai pemeriksaan diagnostik mata untuk menentukan tata laksana selanjutnya. Kami menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata atau dokter subspesialis saraf mata agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik, anamnesa lebih lengkap mengenai riwayat kesehatan Anda, serta rujukan lebih lanjut jika dibutuhkan. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar