Sukses

Pola Makan Sehat dan Olahraga Rutin

19 Nov 2015, 20:45 WIB
Pria, 33 tahun.

Dokter, Saya mau minta saran tentang pola makan. Saya sedang berusaha membentuk tubuh agar lebih proporsional. olah raga saya lakukan seperti pushup, squat, sit up, plank, pull up,chin up 3-4 kali seminggu. Makan saya, pagi sarapan 2 butir telur minus kuningnya 1. Makan siang normal, makan malam tidak dengan nasi namun perbanyak lauk dan sayur. cemilan saya makan tempe rebus, biskuit gandum, buah buahan, susu. Sebisa mungkin saya hindari makanan goreng2an. Sebelumnya BB saya sekitar 75-76 dan turun setelah menerapkan pola makan tsb. pertanyaan saya, sudah cukup sehatkan asupan gizi dan pola hidup sehat yg saya terapkan? terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Sebelumnya kami ingin menyampaikan apresiasi atas gaya hidup yang Anda lakukan, mulai dari kebiasaan rajin berolahraga dan pilihan makanan yang Anda ambil. Sebab pola makan dan olahraga tersebut sudah cukup baik dan sehat. Kami sangat berharap Anda segera memperoleh bentuk tubuh yang proporsional dengan gaya hidup yang sehat tersebut.

Bila hanya melihat pada pilihan makanan yang Anda ambil, jenis-jenis makanan tersebut sudah cukup baik. Misalnya keputusan Anda untuk mengurangi kuning telur, karena jumlah kolesterol dalam 1 buah kuning telur telah menghabiskan 'kuota' kolesterol yang dikonsumsi dalam 1 hari. Selain itu Anda menghindari goreng-gorengan dan mengonsumsi camilan yang sehat seperti buah-buahan.

Salah satu hal yang cukup penting dilakukan adalah memperhatikan, apakah tubuh Anda merasa lemas, kurang bertenaga saat beraktivitas? Bila Ya, maka ada kemungkinan kalori yang Anda asup belum cukup (dengan kata lain, makanan Anda harus agak ditambah). Misalnya pada sarapan pagi hari. Sarapan cukup penting untuk melengkapi tubuh Anda dengan energi untuk beraktivitas di pagi hari. Melakukan gaya hidup sehat memang penting, namun mencukupkan kebutuhan gizi dan energi untuk memastikan aktivitas Anda berlangsung tanpa hambatan juga esensial. Namun bila Anda tidak merasakan hal tersebut, maka silahkan melanjutkan pola makan yang Anda terapkan saat ini.

Selamat menjalankan pola hidup sehat!

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar