Sukses

Penyebab Sering Bersendawa
18 Nov 2015, 15:47 WIB
Pria, 16 tahun.

dok mau tanya, saya tuh sendawa terus menerus tetapi tidak di sertai dengan rasa sakit di perut dan juga tidak terasa mual, sendawa nya pun tidak berbau. saya sudah minum promag dan juga enzyplex. kira2 knpa dok ? trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam dunia medis, bersendawa dikenal dengan istilah aerophagia. Meskipun bukan penyakit, bersendawa bisa membuat seseorang tidak nyaman dan malu terbentur kesantunan. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan;

Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

Asupan udara

Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Hindari berbaring setelah makan

Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stres berlebih.

Konsumsi Jahe

Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Olahraga 

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah terbentuknya gas berlebihan dalam perut:

 
1.      Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.
 
2.       Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.
 
3.       Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.
 
4.       Junk food 
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.
 
Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi gas dalam perut:
 
1. Serat
Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.
 
2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.
 
3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.
 
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar