Sukses

Kulit Gatal Jika Terkena Dingin

18 Nov 2015, 16:03 WIB
Pria, 26 tahun.

malam dokter,knpa kulit saya terasa gatal2/alergi jika kehujanan atau jika musim dingin.padahal saya sudah meminum obat bersih darah dan obat alergi.mohon solusinya dokter,sekian terima kasih.salam sehat

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada kasus Anda, bentuk alergi yang terjadi adalah gatal-gatal hanya terjadi ketika udara dingin saja. Bentuk alergi bervariasi pada tiap orang, mulai dari bentol yang gatal pada kulit tubuh, bersin-bersin hingga mengeluarkan ingus cair dan bening, mata merah dan gatal, hingga asma. Sedangkan faktor pencetus pun berbeda-beda pada tiap orang. Diantaranya, udara yang ekstrim (dingin atau panas), debu, makanan seperti udang dan makanan laut lainnya.

Alergi adalah suatu reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi memang biasanya terjadi pada anak dari orang tua yang juga memiliki alergi (genetik). Namun, pada beberapa kasus dapat juga ditemukan anak yang menderita alergi meskipun orang tuanya tidak memiliki alergi apapun karena disamping faktor genetik alergi juga dapat muncul karena faktor-faktor lain seperti faktor lingkungan, faktor infeksi dan polutan.

Penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari faktor pencetus alergi, dalam kasus Anda adalah udara dingin. Anda dapat menggunakan jaket atau baju yang lebih menghangatkan ataupun membuat udara kamar lebih hangat dari sebelumnya, selain itu hindari mandi pada malam hari dan dengan air yang terlalu dingin. Anda dapat mandi dengan menggunakan air hangat. Sedangkan obat anti alergi (antihistamin) hanya dapat Anda konsumsi jika bentol-bentol tersebut timbul. Selain itu, tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Dengan cara-cara tersebut, diharapkan alergi menjadi lebih jarang terjadi dan kualitas hidup Anda menjadi meningkat.

Bila keluhan tidak membaik atau semakin berat, Anda dapat langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penatalaksanaan yang optimal.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar