Sukses

Baal pada Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah

19 Nov 2015, 20:34 WIB
Pria, 21 tahun.

dok. mw nanya sudah beberapa bulan ini 3 jari di tangan kiri saya mati rasa. ibu jari, telenjuk dan jari tngah. terus saya juga sudah periksa darah dan alhamdulillah semua normal.. mw nanya pentakit yang saya derita sebnarc apa sih dok ??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dari khasnya lokasi 3 jari yang Anda sebutkan, yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah, kelainan kemungkinan besar terjadi akibat gangguan saraf yang disebut saraf medianus. Saraf medianus adalah salah satu dari 3 saraf (termasuk saraf radialis dan ulnaris) yang mempersarafi jari. Bila terjadi mati rasa (baal) pada regio ini, kemungkinan besar terjadi gangguan saraf medianus. Apakah tidak terdapat gangguan saraf serupa ini di daerah lain pada tubuh? Apakah kadang terasa kesemutan? Apakah pekerjaan Anda sehari-hari melibatkan banyak gerakan pergelangan tangan (menggunakan komputer, mencuci, dll)? Bila semua jawabannya Ya, maka kemungkinan besar terjadi gangguan yang disebut Carpal Tunnel Syndrome, yang sering diderita oleh seseorang yang sehari-hari sering memanipulasi area pergelangan tangan. Saat seseorang melipat/ memanipulasi pergelangan tangan, terjadi kompresi saraf medianus yang dapat menekan saraf dan menyebabkan gangguan terutama kesemutan, baal, rasa nyeri, terbakar, dll. Apakah ada riwayat trauma yang mengenai pergelangan tangan tersebut?

Untuk lebih memastikan fungsi saraf medianus tersebut, Anda membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis saraf. Masih dibutuhkan pemeriksaan yang lebih lengkap juga untuk memastikan apakah benar ada kelainan pada saraf tersebut, atau kelainan terletak pada organ lain. Untuk itu kami sarankan Anda segera memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis saraf. Sementara itu, sebaiknya Anda mengistirahatkan terlebih dahulu tangan kiri Anda dan tidak beraktivitas berlebihan mengggunakan tangan kiri.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar