Sukses

Ketegangan pada Dada dan Perasaan Bola Turun di Punggung

20 Nov 2015, 11:32 WIB
Pria, 19 tahun.

Assalamu'alaikum Dok. Saya mau nanya, kenapa setiap saya shalat dari sujud bangkit untuik takbir. Saya merasakan sesuatu yang turun dari dalam punggung saya. Seperti ada bola yang turun ketika saya bangkit dari sujud. Tidak itu juga, saya juga merasa nafas saya tertahan beberapa detik setelah bangkit untuk takbir. Satu pertanyaan lagi dok. Saya sering berlama-lama duduk di depan komputer. Dada saya tiba-tiba tegang, rasanya seperti ketarik dok. Semoga dokter bisa menjelaskan secara rinci. Terima kasih dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah nyeri dada/ ketegangan tersebut menetap atau hilang timbul? Kapan nyeri tersebut timbul? Apakah ada gejala lain seperti batuk, nyeri saat menarik napas, sesak napas, atau nyeri ulu hati?

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

  • Nyeri dada karena masalah psikologis

  • Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Kepastian nyeri dada karena jantung dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik langsung.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Keluhan merasakan adanya bola turun di pnggung bukanlah keluhan yang umum di dunia medis, dan tidak merupakan gejala khas suatu penyakit tertentu. Begitu pula nafas tertahan saat sedang bangkit dari sujud. Kadang perubahan posisi dari sujud menjadi berdiri mungkin saja dibarengi perasaan berkurang-kunang, pandangan agak gelap beberapa saat, atau terasa pusing, hal ini mungkin saja terjadi akibat tekanan darah yang rendah, atau kondisi anemia (hemoglobin darah yang rendah). Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah keluhan tersebut muncul saat Anda sedang stres/sedih? Stres dan kondisi psikis seseorang dapat sangat mempengaruhi status kesehatan. Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, peningkatan asam lambung, sakit kepala, dan sebagainya. Cobalah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Lakukan kegiatan-kegiatan positif  dan produktif seperti bersosialisasi, olahraga, menulis, dan sebagainya untuk mengindari perasaan marah/sedih yang Anda rasakan.

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu diagnosis dan terapi yang lebih tepat. Wawancara medis yang mendetil dan dilakukan secara langsung selalu lebih baik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar