Sukses

Kerak Putih Gatal pada Kepala Penis
01 Dec 2015, 21:05 WIB
Pria, 22 tahun.

Sore dok Saya Mau bertanya,setelah testis saya tidak gatal meskipun gatal kadang2,bekas merah merah iritasi kulit ya masih berbekas ada kerak2 putih,yang saya Mau tanyakan bagaimana menghilangkan kerak putih itu dok?Oiya di penis saya di kepala ada bercak merah sama di kulit ya dok itu kenapa,berbahaya kah? To long di jawab dok,jika Saya ingin konsultasi Saya bisa menghubungi no berapa? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan bercak di testis maupun penis dapat terjadi karena beberapa hal, dan perlu diperiksa secara langsung untuk mengetahui penyebab dari kondisi yang ada. Banyak sekali penyebab bercak pada testis dan penis mulai dari iritasi kulit biasa sampai infeksi yang perlu diobati. Jika sebelumnya Anda pernah berhubungan intim, maka perlu dipertimbangkan kemungkinan bercak yang Anda sebutkan tersebut merupakan bagian dari gejala infeksi menular seksual (IMS). 

Apabila disertai gatal pada kantung testis, kami menyimpulkan kemungkinan diagnosis pada Anda salah satu dari psoriasis, neurodermatitis,atau infeksi jamur. Kami akan sedikit menjelaskan mengenai ketiganya.

Dalam dunia medis, psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan adanya kemerahan dan skuama berlapis(lapisan kulit berwarna putih, dan transparan). Lokasi tersering adalah perbatasan tengkuk dengan rambut, siku, lengan, dan daerah pinggang-pinggul.

Neurodermatitis merupakan peradangan kulit yang menimbulkan gejala gatal, kulit tebal dan garis kulit menonjol menyerupai kulit batang kayu akibat garukan dan gosokan berulang. Penderita mengeluh gatal sekali dan bila timbul malam hari dapat menggangu tidur. Pemderita baru merasa enak setelah luka, baru hilang gatal untuk sementara. Lokasi tersering penyakit ini adalah kulit kepala, tengkuk, samping leher, pubis, vulva, skrotum (kantung testis), lutut, punggung kaki, dan pergelangan kaki.

Jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes menyebabkan tinea kruris (jamur di daerah selangkangan). Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting yang berisi nanah. Bagian tengah menyembuh berupa daerah coklat kehitaman bersisik. Garukan terus-menerus dapat menimbulkan gambaran penebalan kulit.

Jamur lain yang sering mengenai daerah lipatan kulit, terutama ketiak, bagian bawah payudara, bagian pusat, lipat bokong, selangkangan, dan sela antar jari; adalah candida. Dapat juga mengenai daerah belakang telinga, lipatan kulit perut, dan glans penis (balanopostitis), sela jari tangan biasanya antara jari ketiga dan keempat, pada sela jari kaki antara jari keempat dan kelima. Keluhan berupa gatal yang hebat, kadang-kadang disertai rasa panas seperti terbakar dan basah.

Untuk mengobati harus dilakukan penegakan diagnosis. Penegakan diagnosis penyakit kulit harus dilakukan secara langsung. Sebaiknya Anda menghubungi dokter umum atau dokter spesialis kulit kelamin untuk penatalaksanaan lebih lanjut

Berikut kami sertakan artikel  "9 Penyebab Bintik pada Penis", yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar