Sukses

Menyikat Gigi Anak

17 Nov 2015, 15:38 WIB
Wanita, 28 tahun.

Hallo dok, putra saya usia 21 bln diajarin sikat gigi udah pinter tapi kurang bersih dan maksimal.jadi biasanya setelah mandi saya bedong dia kemudian dibaringkan, dengan cara ini saya mudah membersihkan giginya tapi dia selalu mengamuk dan menangis.apakah cara ini baik dok, apakah tidak menimbulkan trauma atau phobia dan apa yg seharusnya saya lakukan.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahai rasa khawatir Anda terhadap kondisi yang dihadapi, namun cara yang Anda lakukan adalah tidak tepat, berikut beberapa cara dalam mengajari anak menyikat gigi. 

1. Cari tahu penyebab anak menolak untuk sikat gigi.

Gigi anak yang sudah terlanjur berlubang akan terasa nyeri atau tidak nyaman saat gigi disikat. Atau bisa jadi sikat gigi yang digunakan terlalu keras. Komunikasikan hal ini dengan anak, dan ajaklah anak untuk periksa gigi ke dokter gigi sejak dini.

2. Berusahalah selalu ceria saat mengajak anak menyikat gigi.

Menerapkan disiplin kepada anak tentu membutuhkan kesabaran, termasuk juga saat mengajarkan anak menyikat gigi. Tunjukkan aura positif Anda kepada anak, dan hindari kalimat bernada perintah apalagi dengan amarah.

3. Dampingi anak dan beri contoh cara menyikat gigi yang benar.

Menurut para ahli, salah satu metode untuk mendidik anak adalah 'modeling', yaitu dengan memberi contoh. Cara ini dikatakan lebih banyak berhasil membuat anak mau menyikat gigi ketimbang orangtua yang hanya menyuruh tanpa mendampingi anaknya.

4. Ajarkan dengan kata-kata yang mendidik bahwa gigi yang tidak disikat akan menyebabkan bau mulut dan sakit gigi.

Hindari mengajari anak dengan mengancam atau menakut-nakuti, misalnya dengan kalimat “Awas, kalau tidak mau sikat gigi nanti disuntik sama dokter!”. Kalimat seperti ini tidak akan efektif dalam mengajak anak mau menyikat gigi, malah akan membuat anak semakin takut ke dokter gigi.

5. Anak berusia dibawah 2 tahun belum bisa berkumur dan belum memiliki kemampuan meludah yang baik.

Oleh karena itu, di usia tersebut anak belum perlu dibiasakan menggunakan pasta gigi. Meski diklaim aman bagi anak, pasta gigi terbuat dari campuran bahan-bahan yang di antaranya merupakan bahan kimia dan dapat menimbulkan efek samping jika tertelan. Cukup gunakan sikat gigi dan air hangat 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar