Sukses

Kaki Membiru Secara Tiba-Tiba

17 Nov 2015, 11:07 WIB
Wanita, 42 tahun.

Ibu saya setiap habis melakukan pekerjaan rumah atau pergi keluar rumah seluruh telapak kaki akan membiru sampai pernah telapak kaki menghitam. Apakah ini penyempitan pembuluh darah? Disebabkan karena apa ya dok? Apakah ada kemungkinan indikasi penyakit yg parah (seperti jantung/kolesterol yang tinggi?)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim.  Satu-satunya cara untuk memastikan keluhan adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa. Dari Gejala yang Anda bicarakan pada Kami mungkin Ana mengalami Penyakit Raynaud.

Penyakit raynaud merupakan suatu keadaan yang menyerang pembuluh darah pada ektremitas yang terdiri dari tangan, kaki, hidung dan telinga ketika dingin dan stress. Non-aterosklerotik merupakan salah satu penyebab penyakit arteri dimana penyakit hanya menyerang susunan pembuluh darah arteria pada lapisan media arteria dan arteri perifer. Ada beberapa macam penyakit arterial yang disebabkan oleh Non-sterosklerotik tersebut antara lain salah satunya adalah gangguan vasospastik pada pembuluh darah arteri dimana keluhan tersebut dinamakan Raynaud’s Disease.

Gejala Penyakit Raynaud:

  • Jari-jari tangan dan jari-jari kaki tampak pucat atau kemudian menjadi kebiruan, biasanya mengenai bagian-bagian tertentu, misalnya pada satu atau lebih jari tangan atau jari kaki atau bagian dari jari.
  • Daerah yang terkena bisa berwarna lebih merah dari biasanya atau kebiruan.
  • Gejala-gejala bisa berlangsung selama beberapa menit atau jam..
  • amun, jika gejala-gejala fenomena Raynaud terjadi secara berulang dan lama (terutama pada orang-orang dengan skleroderma), maka kulit pada jari-jari tangan atau jari-jari kaki bisa menjadi licin, mengkilap, dan kencang. Luka-luka kecil yang terasa nyeri bisa muncul pada ujung-ujung jari tangan atau jari kaki.

Untuk terapi sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar terapi yang diberikan sesuai dengan keadaan Anda sekarang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar