Sukses

Nyeri Lutut Sebelah Kanan

17 Nov 2015, 10:18 WIB
Pria, 40 tahun.

Saya mengalami sakit di bagian lutut samping. rasa sakitnya seperti asam urat, kalau dipake berjalan lama jadi sakit, apalagi pas nekuk lututnya ketika shalat. tapi kalau di urut-urut jadi sembuh lagi, nanti sakit lagi. itu kenapa ya ??

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll) atau cedera.

Penyebab dari nyeri lutut Anda dapat disebabkan oleh keadaan overuse dari otot pada daerah lutut atau hal lain. Disamping itu, karena banyaknya struktur lutut yang mungkin menjadi penyebab, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut Anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunujang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam ahli rheumatologi atau dokter spesialis bedah orthopedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan foto polos lutut Anda, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rheumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi.

Untuk menguragi nyeri dapat dilakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu:

  • P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian lutut) contoh: memakai brace
  • R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat lutut nyeri)
  • I : Ice (mengkompres lutut dengan es bila terasa nyeri)
  • C : Compress (membalut lutut yang terasa nyeri) contoh: memakai elastic bandage
  • E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)

Selain itu dapat pula mengkonsumsi obat untuk mengurangi rasa nyeri setelah berkonsultasi dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar