Sukses

Obat Batuk Setelah Melahirkan

17 Nov 2015, 13:18 WIB
Wanita, 2 tahun.

dok, mau tanya obatuntuk ibu setelah bedah SC itu apa saja dok ? terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Apakah saat ini Anda menyusui anak Anda atau tidak? karena pemakaian obat batuk disesuaikan dengan kondisi Anda menyusui atau tidak. Jika tidak menyusui, Anda dapat mengonsumsi obat batuk jenis apa saja tanpa ada pantangan.

Sirop batuk diklasifikasi sebagai antitusif yang dapat mengendurkan lendir dan dahak di tenggorokan maupun paru-paru. Anda dapat membelinya di apotek tanpa resep dokter. Kandungan aktif yang biasa terdapat pada sirop batuk, antara lain codeine, benzonatate, pseudoephedrine atau carbetapentane. Dua substansi lainnya, guaifenesin and dextromethorphan, dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Berikut adalah dua kandungan pada obat batuk yang harus dihindari oleh ibu menyusui:

Codeine

Beberapa sirop batuk mengandung codeine. Codeine dapat dengan mudah dikeluarkan melalui air susu. Sebagian wanita memetabolisme codeine dengan stabil, sehingga hanya sedikit codeine yang mengontaminasi air susu mereka. Namun, beberapa wanita memiliki masalah dalam memetabolisme codeine dan hal tersebut dapat menghasilkan konsentrasi morfin dalam darah yang bisa membahayakan bayi.

Benzonatate

Benzonatate adalah bentuk lain dari antitusif yang banyak ditemukan pada beberapa sirop batuk terkenal, seperti Tessalon dan Zonattus. Beberapa pasien melaporkan efek samping yang diakibatkan karena mengonsumsi dosis tinggi benzonatate, seperti mual, mengantuk, sulit bernapas, bahkan berhalusinasi.

Meski dalam dosis kecil, hampir semua obat yang Anda minum saat menyusui akan mempengaruhi ASI. Jika Anda memilih obat batuk, perhatikan kandungan serta dosisnya secara rinci. Karena bila Anda mengonsumsi dalam dosis yang tidak dianjurkan atau berlebihan, hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi obat pada air susu sehingga bisa berbahaya bagi bayi. Jadi, berkonsultasilah terlebih dulu pada dokter bila hendak mengonsumsi obat batuk.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar