Sukses

Efek Menggugurkan Kandungan

18 Nov 2015, 11:38 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat malam dokter, sya mau nanya, istri saya hamil tpi digugurkan terkait jarak dengn anak pertma trlalu dekat, waktu di gugurkan itu saat di kampung dengan orang yg tau cra menggugurkan dan berhsil, pertanyaan sya apakah tidak ada efek samping dri pngguguran tersebut? setelah digugugrkan istri sya tdak mlakukan pmbersihan, sya takut akan menjadi bibit pnyakit smisal kanker, apa yg hrus sya lakukan apa harus ke dokter? mhon bantuannya, sya takut istri sya trjadi knpa" di kemudian hari, makasi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara:

  1. Spontan/alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)

  2. Buatan/sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),

  3. Terapeutik/medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

 

Untuk menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui apakah aborsi yang dilakukan pada istri Anda tersebut apakah termasuk berhasil atau tidak. Juga perlu diketahui jenis tindakan prosedur abortus yang dilakukan dengan menggunakan obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan pada istri Anda. Jika abortus yang dilakukan memang sesuai dengan indikasi medis dan dilakukan dengan prosedur yang benar, maka dengan pemantauan yang baik dan benar biasanya tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan reproduksi wanita yang bersangkutan. Namun jika dilakukan tanpa indikasi yang tepat dan dengan prosedur yang kurang tepat maka dapat membahayakan kesehatan tubuh dan kesehatan reproduksi wanita bersangkutan. Kami sarankan Anda membawa istri Anda ke dokter spesialis kebidanan segera untuk evaluasi menyeluruh.

Kami sertakan juga artikel: Ini Dia Bahayanya Pil Jamu Aborsi.

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan Anda sekeluarga sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar