Sukses

Melihat Benang Hitam Pada Pandangan dan Sensitif Terhadap cahaya

06 Dec 2015, 21:34 WIB
Wanita, 19 tahun.

sy silinder 0,5 sjk 3 thn lalu & blm brtmbh smpai skrg. ada benang hitam pd pndangan yg ktnya floaters, kadang byk dn mgganggu, mata sy sensitif cahaya dn pandangan kdg trasa lbh kabur dr biasanya, kira2 itu mrpkn gejala apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda ini sebaiknya perlu diperiksakan langsung ke dokter spesialis mata karena perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian belakang mata dengan alat pemeriksaan khusus. Perlu diketahui apakah benar Anda mengalami floaters dan apakah floaters ini termasuk berbahaya atau tidak.

Bintik atau benang hitam yang berjalan di sekitar mata atau disebut floaters kerap kali terjadi pada penderita miopia (pemakai kacamata minus). Pada mereka yang menggunakan kacamata minus dan mengalami miopia progresif atau kenaikan minus yang pesat, seringkali terjadi perubahan pada  badan vitreus (substansi seperti gel yang mengisi bola mata), yang menyebabkan terjadinya floaters. 

Jika Anda merasakan adanya peningkatan floaters, melihat kilatan-kilatan, atau bahkan merasa lapangan pandang menjadi berkurang sebaiknya hubungi dokter mata terdekat karen mungkin terjadi terlepasnya retina (ablasio retina). Adanya floaters belum berarti  terjadi ablasio retina. Namun, adanya floaters dengan kilatan-kilatan ditambah dengan pengurangan lapang pandang meningkatkan adanya kemungkinan terjadi ablasio retina atau terpisahnya lapisan sel kerucut dan sel batang retina dari sel epitel pigmen retina. Untuk memastikannya, lakukan pemeriksaan funduskopi (pemeriksaan bagian dalam mata) oleh dokter spesialis mata. 

Floaters yang diakibatkan karena endapan dapat tidak berbahaya karena bisa saja endapan kemudian akan berubah posisi. Namun jika endapan tersebut cukup besar atau merupakan perdarahan maka dapat juga menyebabkan cairan pengisi bola mata menarik retina. Ini dapat menyebabkan kebutaan.

Jika floaters diakibatkan karena lepasnya lapisan retina maka dapat menyebabkan kebutaan jika tidak segera diperbaiki.

Untuk memastikan hal tersebut sebaiknya dilakukan pemeriksaan mata langsung dan segera karena jika memang terjadi masalah pada lapisan retina maka harus segera ditangani agar tidak terjadi kebutaan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar