Sukses

Berat Badan Anak Usia 3 bulan

02 Dec 2015, 21:19 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saat ini anak saya berusia 3 bl 8 hari dengan berat badan 5.7 kg naik 7ons dari bulan sebelumnya, apakah berat badan tsb masih normal dok? Karna kalau saya lihat anak seusia dia beratnya sudah mencapai 6.5 bahkan ada yg lebih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sbeelumnya perlu dijelaskan, apa jenis kelamin anak, dan berapa berat badan lahirnya.

Nilai acuan berat badan anak dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya, seperti terlihat dalam tabel berikut:

Tabel 1. Berat badan anak menurut usia 3 bulan berdasarkan tabel WHO

Jenis kelamin Kisaran BB normal BB ideal
Laki-laki 5,1-7,9 kg 6,4 kg
Perempuan 4,6-7,4 kg 5,8 kg

Dengan berat badan 5,7kg saat ini berat badan anak Anda masih tergolong normal. Selain itu penambahan 7 ons dalam satu bulan juga masih normal (idealnya penambahan berat badan anak adalah 500gr-1000gr perbulan).

Perlu diperhatikan pemenuhan nutrisi yang dibutuhkannya, baik secara kualitas maupun kuantitas. Jadwal makan anak usia kurang dari 1 tahun adalah setiap 3 jam atau setiap anak membutuhkannya. Idealnya selama 6 bulan pertama anak anda sebaiknya hanya mendapat ASI, namun bila secara jumlah ASI anda tidak mencukupi dapat ditambah dengan pendamping ASI.

Mengenai perkembangannya, saat usia 3 bulan anak seharusnya sudah mulai dilatih untuk mengangkat kepalanya pada posisi tengkurap dan memerhatikan benda bergerak (menoleh kanan dan kiri). Dalam perkembangan bicara dan bahasa anak sudah mulai mengoceh, dan untuk sosialisasinya anak sudah dapat melihat dan menatap wajah.

Bagaimana perkembangan Anak anda?

Untuk menstimulasi perkembangan anak, anda dapat melatihnya dengan cara berikut ini;

  • Melatih anak mengangkat kepala

Gerakkanlah benda yang menarik di hadapan anak, ketika ia telungkup. Angkatlah benda itu ke atas, sehingga anak dilatih mengangkat kepalanya ketika memerhatikan benda itu. Cara lainnya adalah dengan menarik pergelangan tangan anak anda secara perlahan dari posisi telentang menjadi posisi duduk.

  • Melatih anak membalikkan badan dari telentang ke telungkup

Ketika telentang, anak dibuat agar memperhatikan benda yang menarik (berwarna menyolok/berbunyi). Benda itu kemudian digerakkan ke sisi badannya. anak akan mengikuti benda itu sambil memiringkan badan. Benda digerakkan terus agar anak berlatih membalikkan badannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar