Sukses

Penyebab Sering Mimisan

19 Nov 2015, 20:39 WIB
Wanita, 14 tahun.

halo dok. Umur saya baru 14 tahun. Saya sering mimisan. Sering banget malah, mungkin rutin minimal sekali dalam 2 bulan. keluarnya itu gak nanggung-nanggung, banyak banget. waktu itu pernah waktu itu, lagi mau mandi, eh tiba-tiba mimisan. Mungkin hampir 15 menit lebih saya berdiri di depan wastafel nunggu darahnya berenti. Anehnya, kalo lagi darahnya keluar saya ngerasa lemes banget. Tapi kalo darahnya udah berenti, saya ngerasa seger, kek orang habis bangun tidur. itu kenapa ya? oh ya, warna darahnya kalo lagi banyak keluar warna merah pekat. Kalo agak dikit keluarnya, warna darahnya merah segar/cerah.

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas  dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. Selain faktor-faktor tersebut, bersin yang terlalu keras pun dapat menyebabkan perlukaan pada hidung yang berujung pada keluarny darah dari hidung.

Sejak kapan keluhan ini timbul? Apakah pencetus terjadinya mimisan pada isteri Anda? berapa banyak darah yang keluar dari hidung tiap mimisan? apakah isteri Anda memiliki riwayat penyakit tertentu?

Data-data di atas perlu diketahui untuk mencari sebab yang paling mungkin menyebabkan keluhan pada isteri Anda. Namun, karena kurangnya data yang ada serta keterbatasan kami unuk melakukan pemeriksaan fisik maka kami tidak dapat memastikan penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan isteri Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika isteri Anda cukup sering mengalaminya.

Mengenai informasi epitaksis dapat anda baca di artikel yang telah kami sediakan

Epitaksis

Tindakan Awal Untuk Mimisan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar