Sukses

Seledri Mengakibatkan Peradangan Pada Ginjal?

02 Dec 2015, 19:41 WIB
Pria, 23 tahun.

Ibu, saya ingin bertanya. Di dalam penjelasan internet saya menemukan penjelasan bertolak belakang tentang khasiat daun seledri terhadap ginjal. Di satu sisi bilang itu alat cuci ginjal yang bagus, tapi pendapat lain mengatakan seledri itu jika dikonsumsi berlebhan dapat mengakibatkan peradangan. Yang mana yang benar Ibu? Saya mohon penjelasannya... Terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Dalam hal ini, kami akan lebih dulu membahas mengenai nutrisi yang terkandung dalam seledri.  Fitonutrien yang terkandung didalamnya meliputi asam folat, kalium, serat makanan, mangan, asam pantotenat, vitamin B2, vitamin B6, tembaga, vitamin C, Kalsium, fosfor, magnesium, vitamin K dan Vitamin A.  Selain itu, seledri juga mengandung asam caffeic, asam caffeoylquinic, asam sinamat, asam coumaric, asam ferulic, apigenin, luteolin, quercetun, kaempferol, lunularin, beta-sitosterol dan furanocoumarins.

Begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam seledri sehingga menjadikannya bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan efek samping yang mungkin dapat ditimbullkan oleh seledri terjadi apabila mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik dan mengarah kepada penyakit.

Saat ini memang belum ada kepastian dosis / jumlah seledri perhari yang dibutuhkan untuk mencapai manfaat yang diinginkan, juga batasan jumlah yang boleh dikonsumsi untuk mencegah timbulnya efek samping yang tidak diinginkan. Namun, dalam resep diet sehat, mencampurkan dua batang seledri (biasanya jenis seledri dengan batang yang besar) dalam campuran jus anda sehari-hari secara rutin sudah dapat memberikan manfaat kesehatan dalam tubuh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar