Sukses

Cara Menghitung Usia Kehamilan

01 Dec 2015, 20:52 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok saya blm lama menikah, selama berhubungan intim sperma selalu dikeluarkan diluar. Dan baru sekali dikeluarkan didalam tgl 18 oktober 2015, setelah itu istri blm haid lagi. Haid terakhir tgl 22 september, kira" kapan kehamilan mulai dihitung 0(nol) bulan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas kesetiaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Secara definisi, kehamilan adalah suatu keadaan dimana terdapat hasil pembuahan (antara sel sperma dan sel telur) di dalam rahim seorang perempuan, hingga hasil pembuahan tersebut dilahirkan.

Adapun cara penghitungan usia kehamilan yang paling sederhana dan lazim dipakai adalah berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT) istri Anda, seperti yang dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Namun perlu diketahui bahwa pada seorang perempuan yang memiliki siklus haid teratur, pada 10-14 hari pertama haid hormon reproduksi bekerja mematangkan sel telur hingga siap dilepaskan dari kandung telur (disebut juga ovulasi). Dengan demikian pembuahan baru mungkin terjadi setelah proses ovulasi tersebut hingga datang masa haid berikutnya. Atau dengan kata lain awal kehamilan yang sebenarnya baru dimulai sekitar 10-14 hari pertama setelah HPHT.

Namun salah satu kendala cara penghitungan usia kehamilan berdasarkan HPHT adalah ibu hamil seringkali melupakan HPHT-nya.

Bagaimanapun, cara untuk mengetahui usia kehamilan yang paling akurat adalah melalui pemeriksaan USG. Untuk itu kami menganjurkan istri Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar