Sukses

Menyapih Anak

19 Nov 2015, 10:55 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dear Dokter saya ada pertanyaan, apakah anak saya yg masih usia 2th 8bln masih boleh mendapatkan ASI? saya masih bersedia memberikan asi dan anak saya pun masi suka dan keinginannya sendiri untuk tetap minta asi..alhamdulilah anak saya jarang sakit..dan apakah krn menyusu sehingga anak saya jd lebih suka makan bubur daripada makan nasi?mohon jawabannya..saya sempat diskusi dengan dokter sps anak..hanya saja saya perlu mendapatkan jawaban yg lain..terima kasih ????

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

Selain ASI,  pada anak usia 6 bulan ke atas Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.karena Setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi.

Pada usia 2 tahun, seharusnya ASI bukanlah makanan utama lagi. ASI pada usia ini merupakan makanan pedamping dengan proporsi yang tidak besar. Makanan utama adalah makanan padat (nasi+lauk pauk+sayur) disertai dengan susu .Hal ini disebabkan karena kandungan ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi anak pada usia 2 tahun. Penghentian ASI dapat dilakukan secara perlahan-lahan, umumnya dimulai dari pengurangan frekuensi, awalnya yang 2 kali sehari lalu menjadi 1 kali sehari dan kemudian tidak sama sekali.

Lakukan penyapihan secara santai dan bertahap. Berikut tahapannya :

1. Beri penjelasan bahwa usianya sudah cukup besar untuk tetap menyusu

2. Kurangi frekuensi menyusui anak dalam sehari

3. Buatlah anak sibuk dengan berbagai kegiatan saat ingin mengurangi satu waktu untuk menyusui

4. Jalin kasih sayang dan perhatian ibu tidak hanya didapat dari kegiatan menyusu

5. Hindari cara keras yang dapat membuat anak trauma misal mengoleskan ramuan pahit pada payudara

6. Biarkan semua proses berjalan alami

7. Ibu juga harus siap menjalani penyapihan

Untuk informasi lengkap mengenai masa menyusui, kami sertakan artikel:

Masa Menyusui

Manfaat ASI bagi Bayi

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi yang Benar II

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar