Sukses

Nyeri Haid dan Haid Tidak Teratur

13 Nov 2015, 12:34 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau nannya, kalau saya suka merasa sakit kalau datang bulan dibagian perut dan suka pegal di pinggang kenapa ia? Dan datang bulan saya gak teratur juga, apa itu bahaya? Dan apa solusinya ia. Makasi

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kehawatiran Anda. Kami akan membantu menjawab pertanyaan Anda satu per satu.

Nyeri Haid

Penyebab nyeri haid ada beberapa faktor yaitu sebagai berikut yang ketiganya terkadang memiliki saling keterkaitan:

  1. Terjadinya konstraksi rahim atau iskemia otot rahim. Karena lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Nyeri haid atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah dan menyebar kesisi dalam paha atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim.
  2. Faktor hormonal. Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat. Hormon progesteron dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur (corpus luteum) setelah melepaskan sel telur matang setiap bulan. Hormon tersebut memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut rahim menjadi sempit, akibatnya otot-otot rahim lebih kuat berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit. Kontraksi otot rahim yang menyebabkan kejang otot yang dirasakan sebagai nyeri. Keluhan nyeri haid berkurang atau malahan hilang setelah kehamilan atau melahirkan anak pertama. Hal ini karena regangan pada waktu rahim membesar dalam kehamilan membuat ujung-ujung syaraf dirongga panggul dan sekitar rahim menjadi rusak.
  3. Psikis atau kecemasan berlebihan. Maka tidak heran apabila emosi wanita sering susah ditebak. Kadang kala begitu tegar menghadapi berbagai masalah dan cobaan namun kali lain begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja.

Cara paling sederhana untuk sebagian orang adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam parasetamol dan lainnya. Cara lain adalah dengan menggunakan kompres hangat di daerah perut bawah. Rasa hangat memang dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Haid Tidak Teratur

Gangguan haid yang tidak teratur merupakan keluhan yang cukup umum ditemui. Gangguan haid dapat bermacam-macam, mulai dari darah yang keluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. Pertama kami akan jelaskan tentang siklus haid yang normal.

Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause.

Penyebab haid yang tidak teratur dapat terjadi pada keadaan-keadaan seperti di bawah ini :

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi) atau penurunan berat badan yang berlebihan
  • Stres psikologis, depresi
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Sakit kronik
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

Penanganan masalah ketidakteraturan siklus menstruasi Anda nantinya akan bergantung pada penyebabnya. Untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur cobalah beberapa tips dibawah:

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat
  • Hindari Stres. Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur.
  • Asupan Gizi. Status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada. Mulailah dengan menjaga pola makan yang berkualitas seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan junk food dan makanan berlemak. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas, hindari merokok, obat-obatan terlarang, minuman bersoda dan alkohol.

Agar lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya. Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis seperti pemeriksaan Ultrasonografi(USG) yang mungkin diperlukan untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan pada organ reproduksi(rahim) Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar