Sukses

Mengatasi Kram Perut Setelah Berlari

12 Nov 2015, 16:46 WIB
Wanita, 18 tahun.

Bagaimana cara mengatasi kram perut saat berlari?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Keluhan Anda adalah kram perut setelah berlari. Nyeri otot setelah aktivitas otot dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), peristiwa ini sering terjadi bila kita memulai tipe olahraga baru, merubah gaya olahraga kita atau menambah durasi dan intentistas olahraga. Saat otot bekerja lebih berat dibandingkan biasanya, terjadinya kerusakan mikroskopis pada serat otot, yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku. DOMS dapat terjadi pada setiap orang yang berolahraga, bahkan atlet pun dapat mengalami gejala ini. Nyeri DOMS dapat hilang saat otot sudah mulai terbiasa dengan beban yang diberikan kepada mereka. Nyeri merupakan proses adaptasi yang dapat menimbulkan stamina dan kekuatan pada otot saat sembuh. 

Semua bentuk gerakan yang tidak biasa Anda lakukan dapat memicu DOMS, terutama gerakan dimana terjadi kontraksi otot saat otot memanjang (eccentric muscle contraction). Contoh aktivitas fisik nya adalah naik turun tangga, jogging atau lari ke bawah, proses penurunan beban, sit up, push up atau squat.

Pada kasus kram yang ringan, Anda bisa mencoba untuk mengompres bagian perut Anda dengan kompres hangat. Jika kram dirasa berlebihan hingga menganggu aktivitas, sebaiknya periksakan dengan dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu agar ditelusuri adakah penyebab lain yang mendasari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar