Sukses

Pernah Operasi Laparatomi, Bagaimana Bila Hamil dan Melahirkan Nanti?

01 Dec 2015, 19:58 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok saya mau tanya, saya pernah operasi laparatomi karena usus buntu pecah 7 tahun lalu, namun sebulan lalu terjadi fistula karena ada benang sintetis yang tertinggal, sekarang sedang dalam masa penyembuhan dan kadang masih terasa sakit, pertanyaannya apakah aman untuk saya apabila hamil dan melahirkan dengan kondisi perut yg memiliki bekas jahitan operasi yang cukup panjang ini dok? terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika anda berencana untuk hamil dalam waktu dekat, maka penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) secara teratur. Hal ini bertujukan untuk mendeteksi secara dini ibu hamil yang memiliki resiko tinggi baik dalam kehamilan maupun persalinannya nanti.

Adanya riwayat operasi laparatomi sebenarnya tidak termasuk dalam faktor resiko / masalah dalam kehamilan. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir akan kehamilan dan persalinan nanti. Yang terpenting adalah rutin melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) agar apabila dicurigai adanya masalah, dapat segera dicari penangnananya. 

Namun, Pada individu yang telah menjalani operasi laparatomi maka umumnya dapat terjadi adhesi (perlengketan) jaringan yang terdapat didalam rongga perut. Kondisi ini bisa menjadi penyulit pada saat terdapat kondisi dimana harus dilakukan operasi kembali pada area yang sama (misalnya jika Anda harus melahirkan melalui operasi caesar).

Saat ini anda tidak perlu khawatir untuk merencanakan kehamilan. Namun, Anda juga perlu berdiksui lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah Anda perihal rencana ini, untuk dapat disesuaikan dengan kondisi Anda. Karena bagaimanapun juga, beliaulah yang lebih mengerti kondisi kesehatan Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar