Sukses

Keguguran Harus Dikuret?

11 Nov 2015, 12:55 WIB
Wanita, 33 tahun.

dok.. sy mau tanya sy keguguran di usia kehamilan 6 minggu. sdh ada yang keluar gumpalan mirip hati ayam sebesar 5 biji jagung... dan reaksi skrng sy rasakan seperti sakit kalau mau haid.. apa saya harus dikuret atau gimana?? makasih dok atas masukannya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. 

 

1. Keguguran

Keguguran adalah berhentinya kehamilan sebelum usia 20 minggu yang menyebabkan kematian janin. Keguguran bisa disebabkan oleh:

  1. Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)

  2. Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu

  3. Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.

  4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.

  5. Kelainan hormonal

  6. Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stres

  7. Trauma/cedera pada kehamilan

2. Apakah setiap keguguran harus dikuret?

Kuretase merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengeluarkan sisa jaringan yang terdapat di dalam rahim yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan vagina yang abnormal. Kuretase tidak harus dilakukan pada setiap kasus keguguran (abortus). Kuretase hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalahabortus inkomplit dan missed abortion. Jika terdapat  jaringan-jaringan sisa, jaringan-jaringan mati yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan infeksi.

3. Apakah ada obat selain kuret?

Terapi abortus disesuaikan dengan jenisnya. Abortus imminens (ancaman keguguran) juga masih bisa dipertahankan jika kehamilannya berkembang normal dengan cara istirahat baring total dan pemberian obat-obat penguat rahim dan untuk menghilangkan kontraksi rahim. Sedangkan abortus inkomplit  diperlukan kuretase.

4. Tips mencegah keguguran

Beberapa tips yang dapat kami berikan untuk menjaga kesehatan kehamilan anda dan mencegah terjadinya keguguran yang berulang antara lain: 

  • Dengan adanya riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya, sebaiknya anda lebih ketat dalam memantau kehamilan anda saat ini. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, kondisi anda dan janin anda dapat terus terpantau oleh dokter, sehingga adanya kelainan dalam kehamilan dapat dideteksi secara dini.

  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang

  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan

  • Istirahat teratur

  • Berhenti merokok (termasuk suami) dan minum alkohol  

  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi dari dokter.

Untuk memastikan penanganan pada kasus Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Berikut kami lampirkan artikel mengenai pertanyaan Anda:

Aborsi

Jenis-jenis Aborsi

Proses Abortus

Merencanakan Kehamilan

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar