Sukses

Belum Menstruasi Setelah Melahirkan

12 Nov 2015, 12:47 WIB
Wanita, 35 tahun.

Halo dokter, Saya baru saja melahirkan anak pertama saya pada bulan September yang lalu. Karena sudah lewat 40 hari pasca melahirkan, saya dan suami sudah kembali melakukan hubungan intim dan yang terakhir adalah minggu yang lalu. Jadwal haid saya biasanya di tanggal awal, namun bln november ini saya belum dapat haid. Saya belum dipasang KB. Saya takut saya hamil meskipun belum dites. Ada seorang bidan yang menyarankan agar bln ini saya suntik kb dan bln depan langsung pasang. Mohon saran apa yang sebaliknya saya lakukan. Apakah wanita sudah langsung masuk masa subur pasca melahirkan? Apakah wanita yang menyusui tidak akan hamil? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Saat menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Jadi, dapat dikatakan bahwa menyusui merupakan salah satu metode kontrasepsi alami yang sangat efektif  bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Ibu sama sekali belum pernah mendapat menstruasi sejak melahirkan

  • Bayi berusia < 6 bulan

  • Menyusui setiap 4 jam pada siang hari, dan setiap 6 jam pada malam hari

  • Makanan tambahan hanya diberikan 5-10% dari total

Jadi terkait dengan pertanyaan Anda, iya wanita menyusui ASi esklusif bisa tidak hamil, namun hal ini tidak mutlak terjadi. Pada beberapa wanita yang menyusui ASI esklusif ada yang tetap mendapatkan menstruasi.

Pada kondisi Anda saat ini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti USG abdomen, sekaligus berdiskusi mengenai alat kontrasepsi apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar