Sukses

Efusi Pleura

10 Nov 2015, 16:50 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat pagi dok. sya mau brtnya,suami saya sebelumnya operasi paru2 dibln agustus'15 krna kena tembak (peluru tembus dri punggung ke paru2 tapi peluru tidak bersarang dlm tubuh) setelah kontrol kembali (rontgen) hasilnya "left lower zone interstitial opacities and left pleural effusion?infection".apakah itu infeksi pada paru2 dok?suami saya merasa perut kiri sebelah atas selalu nyeri (dokter blng krna habis operasi) dan skrg kdng terasa gatal dibagian dlm dan kdng jg timbul bintik2 merah sprti digigit nyamuk.obat yg diberikan oleh dokter hnya obat penahan sakit ultracet.terima kasih atas jwban nya.

Terimakasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Efusi pleura menandakan adanya cairan pada selaput pembungkus paru atau pleura Anda.  Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker. Bila memang disebabkan oleh infeksi TBC maka penyakit tersebut menular. Jadi perlu diketahui dahulu penyebab cairan tersebut apa. 

Untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab cairan di paru-paru, dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang menyeluruh.  Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Paru atau Penyakit Dalam atau mengunjungi rumah sakit rujukan yang telah diberikan oleh dokter yang menangani sebelumnya.

Untuk keluhan gatal dan nyeri hal itu wajar terjadi setelah dilakukan tindakan operasi. Tapi jika keluhan masih terjadi setelah 3 bulan operasi sebaiknya periksakan kembali ke dokter yang merawat Anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar