Sukses

Gejala Dan Penyebab Anemia

10 Nov 2015, 16:29 WIB
Wanita, 19 tahun.

ciri ciri anemia itu seperti apa dok? terus disebabkan karena apa? saya kalo bangun tidur sering pusing terus habis duduk berdiri kepala seperti berputar . apa itu ciri ciri gejala anemia?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim. Banyak sekali penyakit dengan gejala seperti yang Anda sebutkan. Tapi kemungkinan yang Anda alami adalah Anemia.                              

Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh

Gejala anemia atau kurang darah bisa bervariasi, tergantung dari penyebab utamanya. Akan tetapi berikut adalah gejala-gejala kurang darah yang umum ditemui:

  • Mudah lelah dan kehilangan energi
  • Kulit pucat
  • Detak jantung yang cepat dan tidak teratur
  • Napas sesak, khususnya ketika berolahraga
  • Gangguan kognitif (sulit berkonsentrasi, dll.)
  • Nyeri pada dada
  • Kaki dan/atau tangan terasa dingin dan sering kram
  • Pusing, kepala pening, dan penglihatan menjadi berkunang-kunang
  • Sakit kepala

Beberapa penyebab dari anemia adalah:

  1. Rendahnya konsumsi besi
    Diet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn’sdapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

  2. Kekurangan vitamin
    Tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat.

  3. Penyakit Kronis
    Beberapa penyakit kronis dan infeksi dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini dapat menurunkan kadar hemoglobin. Bila Anda kehilangan darah yang banyak juga dapat menyebabkan anemia.

  4. Keadaan Aplastik Anemia
    Aplastik anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelainan sshingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya dapat berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.

  5. Kehilangan darah
    Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.

  6. Beberapa penyakit
    Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati anemia memang sebaiknya diketahui dulu penyebab dari anemia. Dan untuk mengetahui penyebab sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar