Sukses

Bercak Darah pada Kehamilan?

13 Nov 2015, 11:36 WIB
Wanita, 33 tahun.

sy haid terakhir tgl 27 agustus 2015. sy sdh testpack dan hasilnya positif. yg jadi pertanyaan sy dok.. skrng sy mengalami pendarahan dan keluar darah menggumpal namun sedikit aja. tp stelah sy testpack lagi ternyata masih hamil.. apakah itu ciri keguguran dok?? makasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Adapun dalam kondisi ini bukan menandakan adanya kelainan/ gangguan pada kehamilan, secara normal memang terjadi sedikit bercak darah pada awal kehamilan normal. Bila tidak ada keluhan lain seperti kelelahan, bercak berlebihan, nyeri perut berat, maka Anda tidak perlu khawatir. 

Namun memang, masih harus diwaspadai adanya bercak darah akibat gangguan kehamilan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah

  • Keguguran. Utamanya terjadi banyak darah yang keluar dan biasanya berkaitan dengan kelelahan dan terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh ibu.

  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)

  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang

  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Untuk membedakan apakah bercak darah tersebut terjadi karena keguguran atau hal normal, maka harus dilakukan pemeriksaan langsung (bila perlu di USG). Namun, jika hasil pemeriksaan Anda baik-baik saja maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika flek-flek cukup mengkhawatirkan, sebaiknya Anda kembali ke dokter untuk memeriksakan diri kembali. Tetaplah memeriksakan kehamilan Anda ke dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar