Sukses

Keputihan Pada Anak

12 Nov 2015, 13:39 WIB
Wanita, 32 tahun.

Putri saya yang berumur 9thn dan 4,5 thn sering terdapat bercak kuning dan berbau seperti keputihan dok..apakah hal ini berbahaya? Jika ini berbahaya apa yg harus saya lakukan dok? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keputihan adalah semua cairan yang keluar dari vagina selain darah. Dalam bahasa kedokteran, gejala ini disebut fluor albus, leukorrhea, vaginal discharge, atau awam sering menyebutnya pektai. Keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu keputihan fisiologi atau normal dan patologis atau penyakit.

Ada dua hal yang menjadi faktor pendorong keputihan, yaitu faktor endogen dari dalam tubuh dan faktor eksogen dari luar tubuh yang keduanya saling mempengaruhi.

Pada bayi atau anak, yang menjadi penyebab keputihan adalah kelainan pada lubang kemaluan. Inilah yang disebut sebagai faktor endogen. Faktor ini disebabkan oleh belum terbentuknya kulit anak, terutama pada bayi dengan sempurna. Permukaan kulit sebagai pintu masuk mikroorganisme yang masih sangat tipis dan rentan, serta mudah mengalami peradangan. Letak lubang kemaluan pada bayi dan anak masih sangat dekat dengan anus, sehingga mudah terkontaminasi oleh bakteri dari anus maupun iritasi akibat feses (kotoran), dll.

Sementara keputihan yang disebabkan faktor eksogen dibedakan menjadi 2, yaitu yang disebabkan oleh infeksi dan noninfeksi. Berikut hal-hal yang bisa menjadi penyebab Infeksi : bakteri (Haemophilus influenzae, Shigella eischeria coli, Chlamydia trachomatis, dan sebagainya), jamur (candida), parasit (Trichomonas vaginalis, Oxyuris enterobius vermicularis), cacing kremi. Noninfeksi: Masuknya benda asing ke vagina baik sengaja maupun tidak.

Keputihan pada bayi, hal ini biasanya terjadi bila kapas atau tisu yang dipakai untuk membersihkan kotoran ada yang tertinggal. Sementara pada anak, benda asing yang masuk biasanya pasir karena anak-anak suka duduk dan bermain di atasnya, manik-manik, biji-bijian, atau bubuk krayon. Akibatnya terjadi peradangan pada vulva (lubang luar vagina) atau pada liang vagina yang kemudian menimbulkan keputihan. Cebok yang tidak bersih, akan menyebabkan sisa kotoran yang tertinggal bisa dibersihkan secara seksama.

Jika memang keluhan ini sering dialami oleh anak Anda, kami sarankan Anda untuk membawa kedua anak Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar