Sukses

Kapan Haid Kembali Normal Setelah Lepas Suntik KB?

09 Nov 2015, 13:20 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok saya baru sekali suntik kb yg 3 bulan,, dn hrusny tgl 31 kmrn sntik lg.namun sy tdk suntik.sy ingin gnti pil kb yasmin. dn. apkh haid sy kmbli normalny nggu wktu slma 6 buln.dn slm 6 buln it apkah sya tidak haid ya dok.trimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Namun jika Anda ingin mengganti KB suntik menjadi pil, Anda bisa mengganti suntik KB menjadi pil KB secara langsung pada saat jadwal penyuntikan Anda yang selanjutnya. Apabila jadwal tersebut sudah terlewatkan, Anda sbaiknya memeriksakan diri terlebih dahulu ke bidan atau dokter kandungan, memastikan bahwa Anda tidak dalam keadaan hamil. Sementara itu, untuk mencegah kehamilan gunakanlah metoda kb lainnya misalnya kondom.

Pil KB ada yang terdiri dari 21 pil dan 28 pil, dimana terbagi menjadi 21 pil hormon dan 7 pil plasebo. Jika Anda menggunakan pil KB 28 butir, Anda harus meminum pil tersebut setiap hari tanpa henti. Jika Anda mengonsumsi pil KB 21 butir, Anda akan mengalami masa kosong minum pil selama 7 hari.

Penggunaan pil KB memerlukan jadwal yang sangat teratur dan konsisten (pada jam yang sama) agar Anda mendapatkan efek proteksi KB yang optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar