Sukses

Sariawan, Gusi Bengkak dan Benjolan Rahang Bawah

11 Nov 2015, 09:32 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok,saya mau nanya. Saya kan lagi sariawan,kali ini sariawan saya parah,soalnya sampe susah ngomong,dan gusi saya ada yg bengkak sedikit. Tp rasa merasakan adanya benjolan di bawah rahang kiri saya,benjolan itu bergerak jika saya tekan/pegang. Saat saya tekan terasa agak sakit. Tp jika saya menegakkan kepala,saya tidak dapat meraba bejolan nya,saat saya nunduk saja baru saya bisa rasakan. Kl boleh tau itu kenapa ya? Dan solusinya apa...

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang dialami. Sebelumnya ada hal yang ingin kami tanyakan, apakah terdapat gigi berlubang ? Apakah terdapat sisa akar gigi ? Apakah terdapat gigi yang bermasalah ? Apakah pembengkakan pada gusi disertai nanah ?. Benjolan pada rahang bawah tersebut merupakan pembengkakan kelenjar limfe. Dalam hal ini cukup sulit bagi Kami menentukan penyebab dari gangguan yang Anda alami mengingat ada beberapa kondisi yang terjadi dalam rongga mulut Anda dan juga diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik, penyakit tertentu dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mengetahui faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, serta melakukan koreksi yang diperlukan. Disertai dengan pencegahan terhadap infeksi sekunder dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi yang berlubang, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar